“The man who does not read good books has no advantage over the man who cannot read books (Seseorang yang tidak mau membaca buku-buku bagus tidak lebih baik dari orang-orang yang tidak bisa membaca buku)”. Mark Twain

Sungguh, saya sangat beruntung dilahirkan di desa. Bukan apa-apa, tapi saya bisa mengambil banyak teladan dari kehidupan di desa. Sejak saya dilahirkan, rumah saya tidak pernah ada lemari es. Entah karena orang tua saya tidak mampu membeli atau karena daya listriknya yang tidak kuat. Untuk bisa menikmati air yang agak dingin, kami sekeluarga  biasa meminum dari air kendi. Jika siang hari yang  terik terasa haus, umumnya keluarga kami langsung bisa menikmati air dari kendi itu. Rasanya sudah seperti minum es.

Sekian lama saya menikmati air kendi hanya digunakan untuk melepaskan dahaga saja. Kemudian lama kelamaan, saya memperhatikan bahwa ternyata kendi itu menyimpan pelajaran yang sangat berharga sekali. Benar, bahwa kendi itu bentuknya jelek karena memang terbuat dari tanah liat. Tetapi, saya baru sadar ada petuah bijak yang bisa didapatkan dari kendi tersebut.

Kalau saya perhatikan, kendi itu ada kalanya diisi air, ada kalanya airnya ditumpahkan untuk diminum. Kendi itu, tidak pernah bisa mengeluarkan air tanpa pernah diisi air. Air yang diminum itu juga sangat tergantung dari air apa yang dimasukkan ke dalam kendi. Jika yang dimasukkan air putih, yang dikeluarkan juga air putih pula. Tetapi jika yang dimasukkan adalah air sirup, yang keluar kemudian juga air sirup tadi. (download lengkap)

Baca lebih lengkap dalam buku “Jurus Jitu Nulis Artikel yang Baik dan Benar” (2011):