HUBUNGAN MEDIA PENENTU SUARA

DALAM KAMPANYE POLITIK

 

Nurudin

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang

Email: nurud70@yahoo.com

 

Abstrak

 

Tulisan ini dilatarbelakangi oleh dua hal; pertama, kekuatan media massa dalam membentuk citra kandidat sangatlah penting. Kedua, untuk mempromosikan “merek” saat ini tidak lagi semata-mata dibutuhkah iklan tetapi strategi hubungan media (media relations).

Tulisan ini mengkaji secara kontekstual kaitan antara hubungan media dengan keberhasilan citra seorang kandidat dan partai politik. Bahasan yang dipakai memang berkaitan dengan media massa (cetak dan elektronik), dan bukan media sosial. Alasannya, media sosial bukan media yang mudah dipercaya masyarakat karena berita dan informasinya mudah direkayasa sedemikian rupa. Strategi hubungan media dikhususkan untuk media massa.

Kesimpulan yang didapatkan antara lain; (1) tidak ada perubahan tanpa komunikasi. Media massa telah berperan dalam menentukan sikap dan perilaku politik masyarakat. Media menunjukkan tokoh siapa yang harus dipilih dan tokoh siapa yang tidak perlu dipilih. Terpaan media massa yang terus menerus telah memengaruhi sikap dan perilaku masyarakat. Bahkan bisa dikatakan media massa telah menjadi budaya itu sendiri yang berpengaruh kuat pada diri manusia. (2) Kuatnya pengaruh media massa menyebabkan ada pihak-pihak tertentu yang merasa berkepentingan terhadap media massa. Sebuah televisi nasional di Indonesia melulu menampilkan kandidat tertentu saja di layar kaca televisi itu. Ini diakibatkan kebijakan media berlindung di balik atau di bawah kendali sang kandidat. Ini belum termasuk ambisi untuk membeli hak siar atau space media cetak atau elektronik agar tidak dipakai oleh kandidat lain. (3) strategi PR adalah cara jitu untuk memopulerkan kandidat di tengah masyarakat. Iklan sering dipahami sebagai informasi “tidak seratus persen benar”. Sehingga masyarakat tidak akan mudah begitu saja percaya pada iklan.

 

Kata kunci: Hubungan Media, Media Massa, Kampanye Politik

 

Hubungan Media Penentu Suara dalam Kampanye Politik

Prosiding

Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2016